Jumat, 26 Juni 2015

5 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Dari Donor Darah

5 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Dari Donor Darah

5 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Dari Donor Darah

Anda perna membaca poster, mendengar pengumuman dan melihat truk besar komunitas donor darah di mata publik. Kita sering mendengar tentang pentingnya donor darah yang berhubungan dengan penerima. Donor darah sendiri bisa membantu sampai tiga pasien. Hanya beberapa menit dari hari Anda bisa menyelamatkan hidup seseorang.

Tapi kita tidak sering mendengar tentang manfaat donor darah yang berkaitan dengan donor yang sebenarnya. Sementara dampaknya sedikit kurang jelas, ada beberapa hasil manfaat kesehatan yang datang dari memberikan darah.

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan menyumbangkan darah tapi tidak yakin efek yang akan terjadi pada tubuh Anda. Atau mungkin Anda pernah melakukannya dan ingin tahu tentang bagaimana dampak jika Anda menyumbangkan teratur. Dalam hal apapun, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa keuntungan. Kami berkonsultasi dengan beberapa ahli kesehatan untuk mengidentifikasi beberapa manfaat terbesar dari menyumbangkan darah.

Menyumbangkan darah bisa ...

1. Mengungkap masalah kesehatan potensial

Meskipun tidak sama dengan perjalanan ke dokter, donor darah bisa menjadi cara lain untuk mengawasi kesehatan jantung Anda. Anda akan menerima sebelum mini-fisik untuk menarik darah, di mana seseorang akan memeriksa denyut nadi, tekanan darah, suhu tubuh, hemoglobin dan banyak lagi. Hal ini terkadang dapat menjelaskan masalah Anda bahkan tidak tahu tentang.

"Jika darah Anda terlalu rendah zat besi, klinik akan memberitahu Anda dan tidak akan mengambil darah Anda", kata Jan Patenaude, ahli diet dan bersertifikat LEAP terapis. Mereka juga akan memberitahu Anda tentang masalah darah lainnya mereka melihat atau jika sesuatu tampak tidak biasa. Pemeriksaan sesekali pada kualitas darah Anda bisa menjadi kunci untuk masalah kesehatan sebelum mengancam jiwa.

2. Mengurangi zat besi berbahaya

Satu dari  dua ratus orang di AS dipengaruhi oleh kondisi yang disebut hemochromatosis dan sebagian bahkan tidak tahu itu, menurut Patenaude. Hemochromatosis adalah penyakit yang menyebabkan kelebihan beban zat besi dan diberi label sebagai penyakit genetik yang paling umum di antara bule oleh Mayo Clinic.

Sebuah donor darah Patenaude, merekomendasikan sumbangan sebagai cara untuk mengurangi zat besi pada tubuh. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan pengangkatan sel darah merah adalah pengobatan pilihan untuk pasien dengan kelebihan zat besi dalam darah mereka.

3. Mengurangi risiko menderita serangan jantung

Menyumbangkan darah setidaknya sekali setahun bisa mengurangi risiko serangan jantung sebesar 88 persen, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology. Hal ini berkaitan dengan masalah besi lagi, kata Dr David Dragoo, ahli kesehatan di Crashers uang.

Dr. Dragoo menjelaskan bahwa tingginya tingkat zat besi dalam pembuluh darah Anda akan menciptakan risiko lebih terkena serangan jantung. Dengan menyumbangkan darah sama dengan memberikan pembuluh darah Anda lebih banyak ruang untuk beroperasi.

4. Mengurangi resiko terkena kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute. Penelitian ini difokuskan pada pasien yang terkena penyakit arteri perifer (PAD), yang menggambarkan Mayo Clinic sebagai masalah sirkulasi umum. Pasien yang secara teratur mendonorkan darah memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dari pada mereka yang tidak.

5. Memberikan rasa signifikansi

Meskipun ada beberapa manfaat fisik untuk menyumbangkan darah, manfaat kesehatan yang paling kuat ini bisa dibilang di ranah psikologis. Menyumbangkan darah berarti membantu seseorang (atau beberapa orang) di suatu tempat yang mereka sangat membutuhkan.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari mendonor atau menyumbangkan darah. Nah untuk itu bagi Anda kini tidak perlu takut lagi dengan jarum dan donorkan segera darah Anda untuk orang-orang yang membutuhkan. Selamat mencoba ^_^

Dikutip dari : http://www.rasmussen.edu/degrees/health-sciences/blog/surprising-health-benefits-of-donating-blood/

5 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Dari Donor Darah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar