Senin, 08 Juni 2015

Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Nangka adalah salah satu jenis buah yang banyak ditanam di daerah tropis. Buah nangka cukup terkenal di seluruh dunia. Tanaman ini diduga berasal dari India bagian selatan yang kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia. Di Indonesia, pohon nangka dapat tumbuh hampir di setiap daerah.

Di Indonesia pohon ini memiliki beberapa nama daerah antara lain nongko/nangka (Jawa, Gorontalo), langge (Gorontalo), anane (Ambon), lumasa/malasa (Lampung), nanal atau krour (Irian Jaya), nangka (sunda). Beberapa nama asing yaitu: jacfruit, jack (Inggris), nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam).

Nangka memiliki kandungan dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat yang dimiliki oleh nangka yang baik untuk kesehatan :

1. Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma. 

2. Biji nangka juga sangat kaya akan protein dan bergizi. Biji yang akan diolah dikumpulkan dari buah yang sudah matang, dijemur dan disimpan untuk dimasak dalam musim hujan di bagian Selatan negara India. Biji nangka bisa diolah dengan cara direbus, atau dibuat campuran memasak lauk ikan tongkol.

3. Buah nangka segar memiliki sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryptoxanthin-ß. Secara bersama-sama, senyawa ini berperan menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin-A, dan karoten telah diyakini akan melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

4. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti-kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.

5. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

6. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.

7. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

8. Manfaat kesehatan nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalam menjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.

9. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

10. Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mampu mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.

11. Nangka merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin C, menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23%  RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh agar kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.

12. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

13. Manfaat kesehatan dari nangka lainnya adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.

Itulah beberapa khasiat yang dimiliki nangka untuk kesehatan. Namun perlu di ingatkan pula jangan terlalu banyak memakan nangka, bisa-bisa malah jadi sakit perut lagi.

Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar