Sabtu, 06 Juni 2015

Manfaat Luar Biasa Daun Cincau

Manfaat Luar Biasa Daun Cincau

Manfaat Luar Biasa Daun Cincau

Cincau, ya mungkin sebagian orang atau bahkan semua orang pernah mendengar atau bahkan sudah pernah mencoba mengkonsumsi daun cincau ini. Ya, daun cincau merupakan jenis tanaman banyak tumbuh di pekarangan-pekarangan rumah. Daun cincau sering digunakan orang untuk membuat jeli yang dicampur gula merah, santan dan es batu. Eummhhh, kebayangkan nikmatnya minuman ini.

Manfaat luar biasa daun cincau, selain enak untuk dijadikan makanan dan minuman jeli, daun cincau juga memiliki kandungan dan khasiat luar biasa dalam mengatasi berbagai penyakit. Daun cincau memiliki banyak kandungan aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, saponin, mineral fosfor, mineral magnesium, antioksidan, dan masih banyak lagi kandungan aktif lain yang terdapat pada daun cincau ini.

Berikut Beberapa Manfaat Luar Biasa Daun Cincau Yang Baik Untuk Kesehatan :

1. Anti Inflamasi

Cincau mengandung zat klorofil cukup besar pada daunnya. Zat ini dapat meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Untuk manfaat ini, daun cincau dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioles pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

2. Efektif Untuk Kanker

Manfaat daun cincau memiliki senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin yang berfungsi untuk mematikan sel tumor yang akan menjadi sel kanker. Selain itu, kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita ketika kita dikonsumsi, setelah mengolahnya terlebih dahulu menjadi rebusan atau agar-agar.

3. Mengatasi Permasalahan Pada Otot

Senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida dari daun cincau membantu mengatasi permasalahan otot seperti otot kaku, pegal dan nyeri. Serta membantu proses peregangan otot saat dioleskan sebagai salep atau diminum dalam bentuk rebusan.

4. Mematikan Sel Tumor

Senyawa isokandrodendrin akan mematikan sel tumor yang menyerang organ tertentu seperti ginjal, lambung, dan hati. Daun cincau dapat dikonsumsi dalam bentuk agar, air rebusan, atau serbuk sebanyak 3x sehari sebagai obat anti tumor.

5. Mengatasi Diare

Senyawa alkaloid pada daun cincau mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin B yang dapat mengatasi diare setelah dikonsumsi secara teratur sebanyak 3 kali sehari. Senyawa alkaloid akan membantu membunuh kuman penyakit yang terdapat dalam makanan dan meningkatkan penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

6. Menurunkan Demam Tinggi

Daun cincau mengandung saponin dan manfaat antioksidan yang berperan untuk menurunkan demam. Minum air rebusa cincau setelah air disaring dua kali sehari.

7. Menstabilkan Gula Darah / Diabetes Melitus

Daun cincau memiliki kandungan senyawa berupa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut kemudian akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Jika mengkonsumsi air rebusan daun cincau ini secara teratur, sebanyak 200 ml 2 kali sehari.

8. Mengatasi Keracunan Akibat Seafood

Manfaat makanan laut memang sangat baik untuk tubuh, namun makanan seperti udang dan cumi dapat menimbulkan keracunan. Senyawa antioksidan di daun cincau dapat membantu orang yang mengalami keracunan seafood. Cara menggunakan daun cincau sebagai obat keracunan, remas 5-10 lembar daun cincau hingga air yang dihasilkan berwarna hijau. Kemudian minum ramuan ini dengan menggunakan gula jawa.

9. Menyembuhkan Penyakit Tipes

Senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes. Konsumsi rebusan daun cincau ini, sebanyak 3 kali sehari.

10. Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral magnesium, kalsium dan fosfor yang cukup tinggi dalam daun cincau bermanfaat untuk regenerasi sel-sel tulang yang sudah keropos. Kandungan yang bermanfaat ini, untuk memberi nutrisi tulang dalam pembentukan sel-sel darah yang rusak. Dengan demikian kesehatan tulang meskipun mencapai usia tua dapat lebih terjaga.

11. Obat Radang Lambung

Kandungan vitamin C dan manfaat antioksidan dalam daun cincau akan membantu klorofil untuk mengatasi radang lambung yang dialami oleh seseorang yang memiliki kelainan pada asam lambungnya. Senyawa-senyawa tersebut, akan menguatkan otot dinding lambung untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada lambung. Untuk mengobati radang lambung, dapat mengkonsumsi rebusan daun cincau sebayak 2 kali sehari.

12. Penurun Darah Tinggi / Hipertensi

Senyawa S-S tetandrin juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar. Sistem peredaran darah yang lancar, akan mengatasi tekanan darah yang semula tinggi dan kembali normal. Untuk mengobati darah tinggi, daun cincau baik dikonsumsi 3x seminggu.

Itulah manfaat luar biasa daun cincau untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Nah bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit seperti di atas tidak salahnya untuk mencoba daun cincau sebagai alternatif penyembuhan penyakit Anda. Selamat mencoba ya ^_^

Manfaat Luar Biasa Daun Cincau

1 komentar:

  1. Titanium Rod | Stainless Steel Rod | Titanium Art
    TITanium® is a stainless steel, aluminum-finished aluminum Rod. This titanium chainmail aluminum-finished Rod titanium bar was designed ti 89 titanium calculator to fit both the steel and the stainless can titanium rings be resized steel tungsten titanium sections,

    BalasHapus