Sabtu, 30 Mei 2015

Khasiat Cacing Tanah

Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Khasiat Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan hewan yang tidak bertulang belakang (invertebrata) yang digolongkan ke dalam filum annelida, ordo oligochaeta, dan kelas chaetopoda. Cacing tanah memiliki sekitar 1.800 spesies berbeda yang tersebar di seluruh dunia, cacing banyak hidup di dalam tanah yang gembur dan lembab. Cacing tanah mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan. Hewan ini tampak begitu lunak dan bagi sebagian orang menganggap sangat menjijikan, akan tetapi hewan ini mempunyai potensi yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Berikut beberapa fakta mengenai cacing tanah :

Peranan cacing tanah ini sebenarnya telah diketahui sejak dahulu kala. Seorang ahli Yunani, Aristoteles banyak menaruh perhatian terhadap cacing tanah. Ia menyebut cacing tanah adalah ususnya bumi.

Pada tahun 69-30 Sebelum Masehi, ratu cantik Cleopatra yang saat itu berkuasa di Mesir melarang bangsa Mesir memindahkan cacing tanah ke luar dari Mesir, bahkan petaninya dilarang menyentuh cacing sebab pada zaman itu cacing tanah dianggap sebagai Dewa Kesuburan.

Dalam catatan klasik Tiongkok, cacing tanah disebut tilung atau naga tanah. Cacing ini sejak dahulu kala mereka gunakan dalam berbagai ramuan untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit.

Seorang cendekiawan terkenal, Charles Darwin, telah menghabiskan waktunya selama hampir 40 tahun untuk mengamati kehidupan cacing tanah. Ia menyebut cacing tanah sebagai mahluk penentu keindahan alam dan pemikat bumi. Para petani pun telah mengetahui secara turun-temurun, bahwa cacing tanah dapat meningkatkan kesuburan tanah pertanian.

Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Cacing tanah, atau yang biasa disebut dengan cacing kalung oleh orang sunda merupakan salah satu jenis cacing yang paling banyak dicari karena sudah terbukti secara ilmiah memiliki khasiat sangat baik untuk menyembuhkan penyakit tipes, dan berbagai penyakit lainnya. Cacing tanah kalung memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Dari hasil test lab kandungan cacing kalung tanah kurang lebih seperti dibawah ini :

  • Protein 68%
  • Asam glutamat 8.98 %
  • Treonin 3.28%
  • Lisin 5.16%
  • Glycine 3.54%

Selain memiliki kandungan seperti di atas, cacing tanah juga memiliki khasiat lain, seperti :

1. Bahan Baku Kosmetik

Dalam dunia moderen sekarang ini, senyawa aktif cacing tanah digunakan sebagai bahan obat. Bahkan, tak sedikit produk kosmetik yang memanfaatkan bahan aktif tersebut sebagai substrat pelembut kulit, pelembab wajah, dan anti infeksi.

2. Makanan Kesehatan (Healing Food)

Di beberapa negara Asia dan Afrika, cacing tanah yang telah dibersihkan dan dibelah kemudian dijemur hingga kering, lazim dijadikan makanan obat (healing food). Biasanya disangrai atau digoreng kering, disantap sebagai keripik cacing. Diduga kebiasaan menyantap cacing ini dapat membantu menekan angka kematian akibat diare di negara-negara miskin Asia-Afrika.

3. Mengandung Zat Anti-biotik

Cacing mengandung zat anti-biotik yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tipes, diabetes, liver, jantung, kolesterol, kanker. Caranya cukup mudah, cacing dijemur hingga kering dengan sinar matahari, setelah kering cacing ditumbuk hingga halus. Penggunaan : ambil 1 sendok makan cacing tumbuk campur dengan 1 gelas air panas aduk hingga merata dan diminum hangat-hangat.

4. Tonikum (Stimulan)

Sebagai produk herbal,  telah banyak merek tonikum yang menggunakan ekstrak cacing tanah sebagai campuran bahan aktif. Baik dalam bentuk segar maupun kering, si naga tanah ini di Korea diolah menjadi sup penyegar yang lazim disantap menjelang tidur, agar esok hari penyantapnya dapat bekerja penuh semangat. Setelah dibersihkan kotorannya melalui pengolahan dengan teknik khusus, cacing tanah banyak dijual sebagai obat tradisional di Korea

5. Enzim Penghancur Gumpalan Darah

Do TatLoi, MD, PhD, direktur Hanoi National Institute of Pharmaceutical di Vietnam, termasuk salah seorang penulis yang getol menyebarluaskan khasiat cacing tanah. Ba Hoang, MD, PhD, juga di Vietnam, yang berpraktek pengobatan konvensional dan pengobatan tradisional China, telah membuktikan efektivitas cacing tanah untuk mengobati pasien-pasiennya yang mengidap stroke, hipertensi, penyumbatan pembuluh darah (arterosklerosis), kejang ayan (epilepsi), dan berbagai penyakit infeksi. Resep-resepnya telah banyak dijadikan obat paten untuk pengobatan alergi, radang usus, dan stroke.

Itulah penjelasan mengenai khasiat cacing tanah yang sangat bagus untuk kesehatan. Selamat mencoba ya gan..!!! ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar