Senin, 18 Mei 2015

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan
Sayuran maupun buah-buahan dari jaman dahulu sampai sekarang tidak bisa dihindarkan oleh orang-orang di seluruh dunia ini. Sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk tubuh, karena memiliki kandungan dan khasiat luar biasa untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu sayuran yang memiliki khasiat untuk mencegah berbagai timbulnya penyakit seperti kanker, kolesterol, untuk menjaga kesehatan jantung dan mata.

Berikut 10 manfaat sehat dari kebiasaan mengkonsumsi sayuran brokoli yang wajib Anda ketahui. Simak baik-baik ya.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahannya adalah impian semua orang. Bukan cuma wanita. Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

2. Mencegah Kanker

Study membuktikan bahwa kandungan nutrisi dan vitamin pada brokoli mampu membunuh sel jahat penyebab kanker dalam tubuh. Brokoli adalah sayuran yang masuk ke dalam jenis cruciferous dimana sayuran jenis ini sangat efektif membunuh sel kanker. Penelitian yang dilakukan di American Cancer Society mencatat bahwa, brokoli mengandung nutrisi yang disebut sulforaphane dan indole-3-carbinol dimana nutrisi ini mampu bertindak aktif sebagai antioksidan.

3. Mengobati Penyakit Asma

Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

4. Mengobati Kolesterol

Seorang peneliti bernama Jarzabkowski dari American Cancer Society mengatakan bahwa brokoli dapat membantu menurunkan kolesterol. Beberapa nutrisi yang terkandung pada brokoli dipercaya mampu mengikat kolesterol dalam darah hingga menjadikannya selalu terjaga dan sehat.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Jika Anda adalah orang dengan kadar gula darah tinggi, maka brokoli adalah sayuran yang wajib dikonsumsi. Karena brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi berupa sulforaphane pada brokoli dipercaya membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga pembuluh darah dalam tubuh agar selalu sehat serta terjaga. Bukan hanya itu saja, nutrisi pada sayur brokoli juga dipercaya mengatasi masalah gula darah dan masalah kesehatan lain.

7. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Ketika Anda ingin memiliki mata sehat usahakan untuk konsumsi sayur brokoli. Kandungan  lutein karotenoid yang ada di dalam brokoli sangat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan mata. Sama seperti wortel, brokoli juga kaya akan vitamin A sehingga tidak heran jika sayur hijau satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

10. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium merupakan aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

Itulah 10 manfaat brokoli yang baik untuk kesehatan. Selain 10 manfaat di atas, brokoli masih memiliki banyak manfaat lainnya. Dengan manfaat yang dimiliki brokoli seperti ini tidak salahnya untuk memasukkan brokoli ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar