Sabtu, 13 Juni 2015

Bahaya Terlalu Banyak Minuman Bersoda

Bahaya Terlalu Banyak Minuman Bersoda Untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Terlalu Banyak Minuman Bersoda

Minuman bersoda, ya siapa yang tak suka dengan minuman yang satu ini. Hampir semua orang suka dan pernah merasakan minuman bersoda. Di indonesia sendiri banyak minuman bersoda yang di jual, mulai dari serbuk sampai yang kemasan botol. Namun tahukah Anda bahaya yang akan timbul jika sering minum minuman bersoda.

Berikut beberapa bahaya untuk tubuh jika sering minum-minuman bersoda :

1. Dapat Menurunkan Kualitas Sperma Bagi Pria

Pria yang mengkonsumsi minuman bersoda secara sering atau bahkan rutin kemungkinan besar dapat mengalami penurunan kualitas sperma. Hal ini tentu dapat menyebabkan kemandulan bagi pria tersebut.

2. Gangguan Pada Jantung

Minuman bersoda juga memiliki dampak buruk pada organ jantung. Kandungan natrium pada minuman ini dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan. Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas. Baik untuk anak – anak maupun orang dewasa. Selain itu minuman bersoda juga membuat perut buncit.

3. Gigi Dapat Membusuk

Hal yang harus diketahui, kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda dapat membuat gigi jadi rusak bahkan dapat membusuk. Itu makanya sangat disarankan untuk menggunakan sedotan ketika mengkonsumsi minuman bersoda. Tapi tetap saja, sebelum masuk ke tenggrokan, minuman bersoda pasti menyentuh gigi bukan?

4. Memicu Penyakit Asam Surat

Kandungan fruktosa pada minuman bersoda memicu penyakit asam urat. Mengidap penyakit asam urat sangat tidak enak karena rasa nyeri yang timbul dan mengangganggu produktivitas kita. Jadi jangan menyepelekan minuman bersoda.

5. Menyebabkan Diabetes

Selain soda yang mampu merapuhkan tulang, minuman ini rata-rata dapat menyebabkan diabetes, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Minuman soda sangat berbahaya dan menjadi pemicu utama diabetes.

6. Menyebabkan Obesitas

Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas. Baik untuk anak – anak maupun orang dewasa. Selain itu minuman bersoda juga membuat perut buncit.

7. Menyebabkan Kecanduan

Minuman bersoda menjadi minuman yang dapat membuat kita kecanduan bila pertama kali mencobanya. Kita akan sering berkeinginan minum minuman bersoda untuk menyegarkan diri kita dari cuaca yang panas. Selain itu kandungan kafein yang membuat kita melek juga akan mengundang kita untuk minum minuman bersoda untuk menghilankan rasa kantuk.

8. Minuman Soda Menyebabkan Penuaan Dini

Kandungan asam pada minuman bersoda juga membuat kulit menjadi keriput alias penuaan dini. Maka dari itu bila ingin memiliki kulit yang mulus dan awet muda jauhilah minuman bersoda dalam bentuk dan rasa apapun. Karena para ahli memang selalu mengatakan bahwa minum air putih jauh lebih menyehatkan meski rasanya tidak begitu enak.

9. Membuat Tubuh Mudah Sakit

Kandungan berbahaya dalam minuman bersoda dapat membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit. Sebab kandungan berbahaya dalam minuman bersoda menolong virus dan bakteri untuk berkembang secara baik di dalam tubuh kita.

10. Memicu Penyakit Asam Urat

Kandungan fruktosa pada minuman bersoda memicu penyakit asam urat. Mengidap penyakit asam urat sangat tidak enak karena rasa nyeri yang timbul dan mengangganggu produktivitas kita. Jadi jangan menyepelekan minuman bersoda.

10. Menipiskan Lapisan Lambung

Lambung kita yang mengandung asam yang sangat keras dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahakan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Ini sangat tidak baik bagi anda yang menderita sakit maagh.

11. Merusak Ginjal

Yang menjadi salah satu kelebihan dalam minuman bersoda adalah warnanya yang menarik. Apa lagi ditambah dengan beberapa tambahan es batu. Tapi tahukan anda bahwa pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal? Pewarna tersebut dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi.

12. Meningkatkan Produksi Urin

Efek negatif dari minuman bersoda untuk pencernaan mineral dalam tubuh adalah meningkatkan produksi urin di mana dapat membuat kita mengalami dehidrasi. Mineral yang harusnya diserap oleh tubuh malah diolah menjadi urin dan mau tidak mau harus dikeluarkan dari tubuh. Maka dari itu untuk menghilangkan haus, janganlah minum minuman bersoda karena malah akan memberi efek haus yang lebih.

13. Tidak Mengandung Vitamin

Minuman bersoda sama sekali tidak mengandung vitamin. Minuman bersoda hanya mengandung gula sebagai perasa manis, kafein, dan tambahan perasa buah saja. Sehingga minuman ini memang tidak memberi efek positif sama sekali bagi tubuh.

14. Tulang Mudah Rapuh

Mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat tulang menjadi rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang diam – diam merapuhkan dan mengikis tulang. Ini membuat osteoporosis lebih cepat dapat menghampiri kita dan tentu mengganggu aktivitas sehari – hari.

Itulah bahaya yang akan mengancam kesehatan tubuh jika sering mengkonsumsi minuman bersoda. Nah untuk itu bagi Anda yang sering minum-minuman bersoda lebih baik kurangi atau berhenti, dan ganti minuman Anda ke minuman yang lebih sehat misalnya jus, susu murni dan minuman sehat lainnya.

Bahaya Terlalu Banyak Minuman Bersoda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar